Say hello,

Rabu, 22 Agustus 2012

Mudik 2012


H+3 lebaran, tanggal 22 Agustus 2012, hari Rabu. Iyak, dadakan aku mudik bersama ayahanda tercinta. Berdua, ya hanya kami berdua. Kemana sih? Ke Pemalang, Tegal, Jawa Tengah. Udah 7 tahun lamanya kami belum menginjakkan tanah asal ayahanda. Tujuan ayahanda adalah mengunjungi rumah ibunya di pemakaman belakang rumah. Aku? Ikut menemaninya KARENA waspada ibu tiri *apasih hahahaha. Selain nyekar, ada juga reunian teman SD dan SMA nya yang udah 36 tahun tidak berjumpa. Lama juga ya boooo…??

Kami naik kereta (apa ya namanya? Lupa >,<) kelas ekonomi *pertamakalinya itu malam jam 10 dari stasiun Senen. Cuman bawa 1 tas isinya baju doang karena rencananya hari Jum’at kami sudah kembali ke Tambun. Murah cuman 33.500 rupiah, dan tiket bisa dipesan di Indomart jadi ga perlu antre desek-desekan atau nunggu lama. Sekarang mah segalanya mudah. Waaahh jauh banget klo naik kereta kelas eksekutif yang tiketnya menyaingi harga tiket pesawat yaitu 477.000 *kayak digetok harganya. Yaudah apa aja sama yaa… ekonomi yaa lama juga nyampenya. Jam 4 pagi baru nyampe, berarti perjalanan 6 jam.

Di sana ga ada angkot ataupun angdes. Sesuatu banget yaa -_______- jadi naik becak. Becak di sana gede ga kayak becak di Jakarta. Tapi kasian yang genjot… ayahanda kan gendut belom lagi ditambah aku (jadi sesak banget itu becak) dan tas yang berat. Jauh juga, tapi akhirnya nyampe ke pemakaman. Ga ke rumah dulu tuh karena sekalian aja. Abis itu pulang ke rumah ayahanda sewaktu kecil cuman ada yang nungguin itu rumah, mandi, tidur.

Pas bangun ga kerasa udah jam 11 siang di hari Kamis. Ayahanda menyuruh aku bersiap diri untuk ikut ke acaranya yaitu reunian SMA. Mandi deh mandi….Teman-temannya udah pada nungguin hehehehe maap yak om lama nunggunya. Langsung cus deh ke Hotel Regina yang ada di Comal. Hotel berbintang 3 ini cukup nyaman lah. Dateng pada pangling gitu kan.. hanya sedikit yang aku mengerti dari bahasa mereka >,<

Pas rombongan ayahanda datang, semua bilang “Iki sopo?” oke aku ceritakan dalam bahasa indonesia aja ya. “Ini siapa?” “Tebak” “Ohhh ARKO!! Kok gemuk amat sekarang? Mukamu berubah beda banget”

Yupp, faktanya dulu ayahanda adalah seorang atlet basket dan bulu tangkis jadi kebayang dong yak sipit-sipit putih bertubuh tegap dan tinggi *ini ga nurun ke anaknya hahaha. Nah sekarang udah gendut, item, ga sipit. Jauh lah bedanya. Terus, yang cewek-cewek, nyamperin aku dan bertanya anaknya siapa. Oke aku jawab dengan muka sumringah “Anaknya Arko” Arko-Arki adalah Ayah dan anak (adik perempuanku) *apasih

Setelah nanya anaknya siapa, ga lupa juga nanya kelas berapa. WHAT??!! Kelas berapa?? “Aku kuliah, tante” “Oh kuliah ya map maap..kirain masih sekolah” “Iya gapapa tante nasib awet muda hehe”

Akhirnya ikut acara samapai selesai. Kenyang sih kenyang tapi bengongnya itu loh bingung mau ngapain… akhirnya aku kumpul sama para anak dari temen-temennya itu. heeemm… ada yang masih kecil, sepantaran, bahkan udah menikah. Uwwwooooo

Acaranya ya perkenalan, makan-makan, nyanyi-nyayi, foto-foto, udah selesai. Ada 2 wanita yang sealalu di samping ayahanda, cantik-cantik sih. Apakah mereka calon ibu tiri?? AH TIDAAAAKK >,< ada salah satu wanita yng seneng banget ketemu aku sampe aku diciumin sampe abis dah ini pipi dan minta nomer teleponku segala. Wahahaha.

Pada saat berkenalan, semua pada bilang “Kenalin ini temennya ayahmu, sahabatnya ayahmu, ayahmu dulu atlet yang hebat loh” Omaigaaaaattt aku ga tau harus percaya atau nggak, klo liat kenyataannya sekarang itu tuh jauh banget banget banget! Hehehe ayahanda disana dikenal sebagai ketua geng. Geng apaan? Geng gong? hehehehe

Selesai udah, pulang deh tuh maghrib. Malemnya, aku sama ayahanda jalan-jalan ke rumah temennya yang pas SD buat merencanakan sistematikanya reuni esok harinya. Ahh aku kira mau makan Soto Gerombyang, khas Pemalang. Ternyata tidak. Oke, pulang malem jam 11, nyampe rumah udah lelah banget dan kenyang banget banget, tidur buat persiapan energi esok harinya.

Dan matahari pun muncul menyapa diriku pada pukul 11 siang. Ayahanda membangunkanku untuk segera mandi. Lagi dan lagi dijemput padahal itu SD deket cuman 400 meter lah. Nah, reuni kali ini tempatnya di SD. Subhanallah banget ya guru SD nya ayahanda masih ada, kebayang dong usianya udah berapa? Sontak sang guru tercengang melihat perubahan pada ayahanda yang dulu semasa SD itu pernah kena gampar dan pukulan.

Wah rame deh.. acaranya ga jauh beda sama reuni SMA. Tapi ada yang beda tetep, yaitu ada sesi ingat mengingat masa waktu itu saat semuany masih mengenakan pakaian seragaim putih merah. Seru juga ya karena rasa rindu yng tertahan lama hingga puluhan tahun itu. rencana Tuhan memang selalu indah, alhamdulillah banget.

Lagi dan lagi ketika mereka menanyakan aku anak siapa dan menanyakan kelas berapa pada kaget -____________- pertanyaan dan jawaban yang sama.

Nah sudah semua memenuhi undangan dan janji-janji. Ditetapkan untuk reunian SD setiap 1 tahun sekali, dan reunian SMA setiap 2 tahun sekali. Kenapa ga ada reunian SMP? Nah.. SMP itu sama SMA karena sama-sama sekolah favorite jadi mereka semua cuman pindahan doang ibaratnya ya ketemu-ketemu lagi. Begituuuu…. Dan waktunya malam ini pulang, tapi keabisan tiket, akhirnya hari Sabtu pagi baru dapet tiket tapi naik bus eksekutif Deny Jaya. Dan tau berapa harganya? 120ribu dengan menempuh perjalanan pulang agak macet tapi lancar sehingga perjalanan pulang kami adalah 12 jam wuooowwhhh.

Serunya pergi dengan ayahanda adalah kami pergi intensif berdua tandanya beliau bakal menceritakan berbagai pengalam hidupnya yang bisa menjadi pelajaran dan pengjaran untuk anaknya kemudian enak berasa anak tunggal minta ini itu dikasih dan terlebih lagi pergi dengannya itu KENYANG makan mulu hohohohoho

Okeee itu semu cerita perjalanan mudik yang ga kerasa udah 7 tahun ga ke Pemalang. Lain kali klo masih diberi umur, kita jalan-jalan kesana yaa tapi sekarang kotanya itu udah ga dipenuhi dengan ruma-rumah kuno lagi tetapi penuh dengan hotel berjejer. Samping rumah aja hotel -_____- mudah-mudahan tanah kelahiran mama ga berubah ya tetep desa masih banyak sawh, kebon, sungai, empang, pepohonan, dll. Aamiin…

MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN yaaa teman-temin :-D

Maaf klo ada kata-kata salah dan menyinggung kalian :-)

Tidak ada komentar: