Say hello,

Jumat, 18 Mei 2012

Unta Merah

Apa sih itu unta merah? Saya baru mendengar hewan langka tersebut. Parah banget emang, saya beragama Islam baru mengenal apa Unta Merah itu setelah saya mentoring di MUA UNJ.

Ini penjelasannya:

Demi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah.


HR. Bukhari no. 2942 dan Muslim no. 2406, dari Sahl bin Sa’ad

Li’ana yahdiyallahu bika rajulan wahidan khayru laka min humurin na’im
Seseorang yang mendapatkan hidayah Allah melalui engkau,

maka hal itu lebih baik bagimu daripada memperoleh seekor unta merah (HR. Bukhari)

Ibarat seekor unta merah,
Hewan yang mampu bangkit dari posisi duduk dengan menanggung beban yang jauh melebihi beban tubuhnya..
Pun orang-orang yang mendapatkan hidayah, dengan izin Allah akan mampu bangkit kembali dari keterpurukan masa lalunya..
Lalu memikul beban-beban yang boleh jadi selama ini ia rasa tak mampu mengemban..
karena ia yakin, ada Allah yang Maha Pemaaf lagi Maha Membangkitkan..
maka berbahagialah orang-orang yang menunjukkan dan membimbingnya untuk bangkit dari kegelapan menuju terangnya cahaya, dengan pahala yang lebih baik yang senantiasa tercurah bagi keduanya..

Ibarat seekor unta merah,
Hewan paling tangguh seantero gurun raya. dengan terpaan badai pasir, panas terik kala siang dan dingin menusuk tulang di kala malam.  bahkan tak sering ia dapatkan air, makanan atau rindangnya pepohonan. namun ia mampu bertahan.
Pun orang-orang yang mendapatkan hidayah, dengan izin Allah akan tetap mampu bertahan meski ujian datang bergantian. ia tak berputus asa dan tetap berbaik sangka. 
Karena ia yakin, ada Allah yang Maha Kuat lagi Maha Melapangkan..
maka berbahagialah orang-orang yang menunjukkan dan menguatkan untuk tetap istiqomah di jalanNya, dengan pahala yang lebih baik yang senantiasa tercurah bagi keduanya..

Ibarat seekor unta merah,
Hewan dengan kemampuan navigasi dan ingatan yang amat sangat hebat. meski sejauh mata memandang yang ia lihat hanyalah pegunungan pasir dan terkadang fatamorgana yang menggoda, ia tetap tahu kemana harus melangkah untuk mencapai tujuan yang sebenarnya.
Pun orang-orang yang mendapatkan hidayah, dengan izin Allah akan mampu mengenali jalan kebenaran dan arah hidupnya, meski terkadang ia harus jatuh bangun agar tidak terjebak pada indahnya permainan dunia.
Karena ia yakin, ada Allah yang Maha Mengawasi lagi Maha Memberi Petunjuk..
maka berbahagialah orang-orang yang menunjukkan dan saling mengingatkan dalam kesabaran dan kebenaran, dengan pahala yang lebih baik yang senantiasa tercurah bagi keduanya..

Pada akhirnya unta merah hanyalah perumpamaan, sebaik-baiknya pembuat perumpamaan hanyalah Allah, dan sesungguhnya janji Allah itu adalah benar :)

***

“Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan seraya berkata, “Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim yang berserah diri.” (QS.41:33)

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu..” (QS.41:30) 

Tidak ada komentar: