Say hello,

Jumat, 17 Mei 2013

Resume Meteri Pertemuan ke-2


Resume                  : 2
Hari, Tanggal         : Jumat, 17 Mei 2013

Aku Bangga Jadi Mahasiswa UNJ
Oleh Kiar Vansa Febrianti

Pertemuan ke-2 dalam Pembinaan Mayapres ini membahas dua topik, yaitu aku bangga jadi mahasiswa UNJ dan The 7 Habits of Highly Effective Teens. Kedua topik ini dibawakan oleh Fajar Tri Nugroho mahasiswa jurusan Fisika kelahiran 03 Desember 1990 yang memiliki segudang riwayat organisasi, terlihat sangat aktif berkontribusi untuk masyarakat. Mantan ketua BEMJ Fisika dan sekarang menjabat sebagai Kadept Sospol BEM UNJ ini statusnya sedang ditunggu seseorang loh.. wah banyak juga penggemarnya nih si pemilik blog retorikahati.blogspot.com.

Kak Fajar begitu bayak belajar, sharing, cerita, diskusi, dan berbicara ini jadi terlihat biasa-biasa aja ga ada deg-degannya “kayaknya” saat menyampaikan materi.

Berikut materi yang disampaikannya:

Ia mengatakan bahwa kita harus bangga menjadi mahasiswa UNJ meskipun sempat awalnya galau-galauan yang ga dapat SNMPTN. Yang pilihan pertamanya jurusan matematika ternyata diterima di jurusan keduanya itu fisika, ga sedikit korban galau berjatuhan. Galau itu wajar tetapi kalau galau sampai 2 bulan lamanya itu bukan galau tetapi membiarkan diri tetap dalam keterpurukan bukan bangkit. Prinsipnya, biarkan buku menceritakan bagaimana dirinya di masa lalu. Jadi, apa yang ada sekarang ya syukuri dan jalani aja.

Dalam mecari ilmu, selain kita wajib membaginya tetapi kita juga harus cepat untunk memperolehnya. Jangan biarkan orang bersalaman dengan menteri terlebih dahulu. Jangan biarkan orang berjabat tangan dengan presiden terlebih dahulu. Jangan biarkan orang merasakan salju di Jepang terlebih dahulu. Karena ilmu harus dicari dengan siapa yang tercepat.

Tujuan berorganisasi adalah membuat link. Dari link itulah kita tentu akan dikenal banyak orang. Yang membuat kita sukses adalah orang yang mengenal kita bukan kita yang mengenal orang. Dam alasan berorganisasi adalah hari ini saya harus lebih bermanfaat 1 jam untuk orang lain dibandingkan kemarin.

METODE ILMIAH
Bagan di bawah ini memudahkan dalam penyusunan sebuah karya ilmiah, tulisan atau yang lainnya. Bagan ini didapat dalam perkuliah Metodologi Penelitian (Metlit) saat Kak Fajar kuliah. Ketika terjadi kesalahan dalam menyusun sebuah penelitian, maka akan mudah untuk mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki.





METODE MEMBACA
Survey à Question à Read à Recite à Review


KEMAMPUAN OTAK
Berlomba-lomba dalam kebaikan bukan berarti mendahulukan pemikiran orang.


DISIPLIN
Ketidakdisiplinan waktu adalah kegagalan dan merugikan orang lain.


KOMPONEN SUKSES:
  • Technical 80%
  • Mindset 20%
  • Softskill 10%
  • Hardskill 90%



The 7 Habits of Highly Effective Teens:
  1. Proaktif
  2.  Merujuk pada tujuan akhir
  3. Dahulukan yang utama
  4. Berfikir menang / menang
  5. Berusahalah untuk memahami terlebih dahulu, baru dipahami
  6. Wujudkan sinergi
  7.  Asahlah gergajimu


Kata mutiara dari Kak Fajar: 
 “Warnai dunia dengan kreasimu untuk sebuah senyuman di akhir hayatmu”.


Ceritanya Cerita niiih.. ^_^
Hari Jumat ini adalah jumat yang penuh berkah. Subhanallah tanpa disadari ternyata begitu banyak aktivitas sehingga membuat saya bergerak sangat aktif tetapi selalu ingat bahwa yang saya dapat sekarang adalah karunia-Nya. Bisa dibilang lebih sibuk dari orang kantoran karena saya berangkat pagi pulang malam, disaat orang masih banyak yang tidur dan kembali sudah pada tertidur. Kuliah, rapat, menari, pembinaan PM, mengajar. Huaaahh satu kalimat yang sering saya katakana “Untung ga lupa napas”. Pulang ke rumah pun dikerumuni kemacetan sehingga butuh 4 jam perjalanan pulang. Jam 10 malam menurut saya belum begitu malam karena terbiasa jam 12 malam baru tiba di istana tercinta.

Rapat yang cukup seru juga, Alhamdulillah bisa menyampaikan ide walau sedikit menjadi masukan dan akhirnya ide itu ga dipakai. Lalu, menari udah cukup lancer dan sedikit hafal gerakannya serta semakin menikmati aja karena otaknya ga dipake terus buat itung-itungan rumit. Dan, pembinaan kali ini gokil banget, gokil beneran. Karena bertepatan saya sedang shaum jadi ga bisa ekspresi banyak mengingat persediaan energi udah mau abis dan ga bawa cadangannya *apasih yar?

Pertemuan pembinaan yang materinya disampaikan oleh kakak senior saya dari jurusan fisika juga yaitu Fajar Tri Nugroho terkenal sangat koplak, jadi ya ga ngantuk. Itu yang penting! Hahaha biasanya kalau udah lelah aktivitas tiada henti itu pasti ngantuk banget banget banget karena duduk manis dengerin orang ngomong. Mending masuk ke otak, bisa jadi masuk kuping kiri langsung keluar lagi dari kuping kiri. Ga berasa udah sesi pertanyaan, itu subhanallah banget loh yaaa pas MC memberi kesempatan untuk kami bertanya nah yang angkat tangan itu hampir semua meskipun saya enggak (maklum masih beradaptasi sama keadaan baru masuk *sepik). Pas mau dijawab Kak Fajar sang mantan ketua BEMJ Fisika ini, saung ungu yang kami jadikan tempat pertemuan pun diguyur hujan yang sangat deras. Dan BOCOR dimana-mana. Wahahahahaha kami jadi wara-wiri pindah tempat padahal tinggal sesi jawab pertanyaan. Kami tetap antusias mengikutinya kok saking hausnya informasi dan ilmu. Heem… kakak kakak dari BEMF MIPA jadi diledekin kak Fajar loh karena membuat kami para peserta terlihat seperti terlantar hehehe, tapi santai aja ini seru kok keadaan yang berbeda dari biasanya.

Liat aja nih buktinya.. hujan masih deres banget tapi kak Fajar tetep ngomong sambil jongkok dan semua udah banjir karena kebocoran itu. Kami dimana???? Saya yang ngambil foto persis di depan kak Fajar dan teman-teman yang lain ada di kanan kiri saya hehehehe.



Tidak ada komentar: