Say hello,

Selasa, 28 Mei 2013

Resume Meteri Pertemuan ke-4


Resume                  : 4
Hari, Tanggal         : Selasa, 28 Mei 2013

Motivasi Belajar Bahasa Inggris
dan Motivasi untuk Go International
Oleh Kiar Vansa Febrianti


Dilihat dari judulnya aja udah merinding disko. Bahasa Inggris boo bahasa inggris… brrrrrr ~,~ Bahasa yang amat menyeramkan bagi saya karena kamampuan dalam bahasa ini sungguh amat sangat minim meskipun lulus tes TOEP UNJ. Haaaahh.. Ternyata bener, ketakutan itu terjawab TAPI terjawab sudah dari semua masalah yang kian melekat pada dalam diri saya masalah ketakutan yang selalu bersemai bahkan tumbuh. Takut untuk berbahasa inggris, takut salah dan sering ditertawakan. Hmm.. rasanya itu klo udah salah mengucap malu setengah hidup lalu gali-gali tanah buat lubah kemudian masuk ke dalam galian dan menutup diri lagi dengan tanah yang barusan digali tadi.

Untung ketakutan besar yang saya miliki terkalahkan oleh kebutuhan yang saya rasa. Butuh dimotivasi bahwa saya ga perlu takut salah, ga perlu malu, dan ga perlu menghukum diri sendiri karena perasaan yang tidak bisa dalam berbahasa inggris itu. Yayaya WELL, saya bersyukur banget banget banget karena telah dipertemukan oleh Mapres UNJ 2013 ini yang berasal dari Fakultas Ekonomi UNJ dengan nama lengkapnya Rizky Fadli yang akrab dipanggil Kak Fadli. Terima kasih banyak untuk panitia PM dari fakultas MIPA yang mempertemukan kami. Sempat bingung juga Kak Fadli ini memiliki postur tubuh yang sangat besar udah jadi mapres aja. Pas liat CV-nya booo ternyata kelahiran 1993. Muda banget kan? Pantesan jadi mapres! Huh hebat banget deh. Saat menyampaikan materi pun suasana mencair dan terasa seru sekali, tapi tetep degdegan saat dipilih siapa yang akan public speaking. Aduh aduuuh pas baca CV-nya itu banyak banget pengalaman organisasi dan prestasinya sampai 5 lembar >_< mending ya kalau nasional ini internasional mayoritas. *prokprokprok

Oke, lansung aja materinya apa aja. Cerita selanjutnya setelah materi ini yaa ^_^

Markisim (Mari kita simak!)

PEMIMPI
Semua pesan disampaikan dalam sebuah cerita tentang si fulan yang memiliki kebiasaan menulis berbagai impian mulai dari sekolah dasar dan tak terasa kebiasaan it uterus berlanjut sampai si fulan tumbuh menjadi orang dewasa. Mimpi itu bisa disebut resolusi tiap tahun yang haru dilaksanakan dan terlaksana. tidak terasa ketika dihitung mimpi itu sudah ada 720 mimpi yang ia tulis dalam beberapa kertas. Nah, dari situ lah si fulan mampu mengubah mimpi tersebut menjadi kenyataan meskipun hanya beberapa yang baru tercapai. Mimpi yang telah si fulan capai itu tentu dapat terwujud berkat usahanya yang tiada henti meskipun banyak mimpinya yang tidak masuk di akal.

Pemimpi sejati adalah pemimpi yang berani mimpi, pemimpi yang bangun dari mimpi, dan pemimpi yang bergerak untuk bangun menggapai mimpi. Pemimpi selalu memanfaatkan antara peluang dan keberuntungan yang dikemas dalam sebuah paket kesempatan. Kesempatan itu ada bukan untuk hanya dirancang saja tetapi kesempatan itu ada karena membuat skala-skala prioritas.


MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
Motivasi adalah suatu dorongan positif yang dijadikan sebuah pencapaian kebutuhan untuk melakukan sesuatu sehingga setiap tetes darah yang kita miliki, keringat yang bercucuran, dan kalsium salam tulang mampu menghasilkan prestasi, prestasi, dan prestasi. Jadikan motivasi itu sebagai suatu kebutuhan dalam hidup kita.   

Ada beberapa tokoh untuk teori motivasi, yaitu Aldefer dengan teori ERG-nya, Abraham Maslow, Albert Bandura dengan social learning-nya, Herzberg, dan Mc Clelland. Mc Clelland memberikan paham tentang teorinya bahwa manusia itu:
1. Need for achievemen
2. Need for power
3. Need for affiliation

Tidak sedikit dari kita yang merasa dirinya kurang percaya diri, merasa dirinya kurang fasih dalam berbahasa inggris, merasa dirinya kurang jago dalam berbahasa inggris, merasa dirinya tidak bisa sama sekali dalam berbahasa inggris. Maka dari itu dibutuhkan motivasi untuk belajar bahasa inggris. Menurut Kak Fadli, ada perbedaan antara anak-anak dengan orang dewasa selain ditinjau dari fisiknya. Kalau anak-anak hanya mengerjakana apa yang disukainya, tetapi orang dewasa menyukai apa yang dikerjakannya. Untuk itu beberapa motivasi untuk belajar bahasa inggris, antara lain:
  • Jadikan sumber kesukaan menjadi sumber belajar atau sarana pembelajaran. Misalnya, kita suka membaca novel jadikan novel itu menjadi sumber belajar dengan cara membaca novel yang levelnya naik sedikit menjadi novel bahasa inggris.
  • Sering berlatih. Targetkan setiap minggu untuk menulis kemudian terjemahkan ke dalam bahasa inggris.
  • Jadikan melakukan setiap pekerjaan adalah sebuah kebutuhan sehingga ketika melaksanakannya pun terasa ringan.


MOTIVASI UNTUK GO INTERNATIONAL
Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar diri kita termotivasi untuk go international, yaitu:
  1. Berfikir dan berwawasan internasional, yaitu berfikir terbuka memandang permasalahan yang ada dari berbagai sisi.
  2. Membuka wawasan dengan pengalaman global
  3. Membuat link atau networking seluas-luasnya


TIPS AND TRICK PUBLIC SPEAKING
Dalam sebuah riset menunjukkan ternyata public speaking merupakan ketakutan pertama yang dimiliki beberapa orang daripada kematian. Public speaking adalah berbicara di depan umum untuk mengimplemetasikan ideologi yang dimiliki. Ada beberapa tahap tips untuk menjadi public speaking yang baik, antara lain:
  1. Clear thinking and clear speaking (think before you speak). Pada tahap ini kita dituntut untuk berfikir terlebih dahulu sebelum berbicara atau menyampaikan sesuatu di depan umum agar bahasa yang disampaikan cukup bagus tertata dan tidak terlihat gugup. Apabila kehabisan kata-kata maka jeda yang baik untuk diambil adalah diam bukan mengakatakan “heh, hemh, eengg” dll.
  2. Perhatikan Body Language
  3. Kunci sukses untuk public speaking adalah mengimajinasikan dahulu segala hal yang telah dipersiapkan sebelum tampil di depan umum dengan mengontrol diri.



Ceritanya Cerita niiih.. ^_^

Lanjutin cerita tadi di pembukaan tulisan resume ini, nah pokoknya tadi itu ga nyesel deh dateng pembinaan hari ini meskipun awalnya deg-degan sampe mules keringet dingin hahaha lebay. Yang bertanya pun tadi juga banyak banget loh dang a ketinggalan bertanyanya menggunakan bahasa inggris. Untung aja pelafalan inggrisnya Kak Fadli jelas banget dan mudah dipahami jadi tadi di ruang diskusi berasa ada di konferensi interasional hahaha lebay dikit lah. Jadi sedikit lebih semangat lagi untuk ga takut berbahasa inggris, lebih banyak latihan lagi, lebih banyak bermimpi lagi dan segera mewujudkannya dengan segala usaha serta keyakinan. Karena Kak Fadli masih sepantaran kami jadinya ketika share pengalamannya itu terkesan sangat enjoy jadi kami sangat menikmatinya. Ada kemungkinan setelah pertemuan ke-4 ini resume saya bertuliskan tulisan dengan menggunakan bahasa inggris hahaha AAMIIN doakan saja semoga saya insyaf dan tersadar kalau bahasa inggris itu tidak seseram apa yang ada dipikiran saat ini. Semoga ilmunya Kak Fadli bertambah deh yaaa.. aamiin dan semoga pinternya, baiknya, semangatnya, keberuntungannya itu menular ke saya hehehe. Semoga materi yang disampaikan olehnya bermanfaat untuk kita semua yang membaca dan memperhatikannya.

Terima kasih J

See you ^_^

Tidak ada komentar: