Say hello,

Selasa, 13 Maret 2012

Sosoknya


Kahlil Gibran
Lahir di Beshari, Lebanon 1833. Pada usia 10 tahun ia bermigrasi ke Amerika bersama ibu dan kedua adik perempuannya. Sempat kembali ke tanah kelahirannya selama tiga tahun untuk memperdalam bahasa Arab, Kahlil Gibran menghabiskan masa remaja bersama seniman bohemian di Boston. Ia juga pernah tinggal di Paris selama setahun untuk berguru seni rupa pada beberapan seniman Perancis. Pulang dari Paris ia pindah ke New York dan menetap di kota ini sampai akhir hayat. Tulisan-tulisan Gibran dikenal luas karena cita rasa orientalnya yang eksotik, bahkan mistis. Dianggap sebagai penyair Arab perantauan terbesar. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke lebih 20 bahasa. Kahlil Gibran meninggal di New York 1931, jenazahnya dimakamkan di Lebanon, tanah kelahirannya.

Beberapa karyanya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia terbaca dengan kurang dipahami namun maksudnya tetap tersampaikan dengan kata yang mngalir dengan penuh makna dan lembut.

Kalimat yang familiar dari sosoknya ialah:
“Cinta adalah seekor burung cantik, berharap ditangkap tapi menolak untuk disakiti. Saat cinta memanggilmu, ikutilah dengannya…”

Ada sepenggal buah karyanya yang bertema Penulis yang saya kutip dari bukunya berjudul Inspirasi Cinta dan Kehidupan.
Mari kita simak…

Penulis
Apakah engkau seorang penulis yang mengangkat tinggi kepalanya di antara kerumunan, sementara otaknya berada di kedalaman ngarai masa lalu yang dipenuhi oleh masa-masa yang telah usang yang carut marut dan tak berguna?
Jika benar, engkau seperti sebuah kolam air yang tenang.
Ataukah engkau adalah seorang pemikir hebat, yang menyelami dan mengerti batinnya sendiri, membuang yang tak berguna, usang dan jahat, dan memelihara yang baik dan berguna? Jika demikian, engkau adalah roti lezat bagi yang lapar, dan air yang jernih serta segar bagi yang haus.

Masih banyak lagi karyanya yang ia kemas dalam buku dengan tema yang berbeda. Bukan hanya tentang percintaan, melainkan juga tentang karier, keuangan, pekerjaan, dll #kok kayak ramalan bintang ya? -,-

Tidak ada komentar: