Say hello,

Sabtu, 07 April 2012

Sepam #lembaran ke-3


Ini adalah cerita lanjutan dari sepam yang lembaran ke-2 yang saya kira bakal jadi lembaran terakhir tapi ternyata malah ada cerita baru yang akan saya ceritakan pada lembaran ke-3 ini.

Mari kita simak
Yuuuk..
Capcus

Hari kamis tanggal 05 April 2012 adalah pertamax nya praktikum (lagi) untuk fisdas yaitu praktikum fisdas 2. Mengingat partner saya adalah “katanya” dewa PFNR 2011 atau apalah berarti mengingat juga alasan saya ketakutan karena menjadi partnernya dalam bekerjasama. Awalnya saya beranggapan dia bakal cekatan merakit bom, ternyata salah besar!! Teman-temin… ya ampun ternyata partner saya ga ngerti listrik-listrikan maen colok aja semuanya. Yang baca dan ngotak-ngatik osciloscop pun juga saya wkwkwk.

Gilanya sang dewa tersebut bilang begini:

I: “Eh Kiar, gantian lah sini lu berdiri dan gue yang duduk”
K: “Yaelaaa gue ngantuk banget, Bang”. (mau ga mau harus gantian karna terlihat mukanya si partner udah kusut banget)
I: “Gue puyeng”                                  
K: “Dasar orang tua… haha. Lu ngerti ga sih Drus maenan beginian? Colak colok colak colok ga jelas. Jangan-jangan mau mulai aksi lu yak? Merakit bom”.
I: “Haha ada-ada aja lu Kiaaaarr… Gue ga ngerti sama sekali tau… Udah kita pasang sendiri aja”
K: “Lah lu kan senior.. udah praktek juga kan lu setahun yang lalu? hehe”
I: “Iyaaa tapi gue ga dapet praktikum fisdas. Lu mau tau gue praktek apa disono?”
K: “Iya emang apaan dah? Benerin mesin?”
I: “Iya benerin mesin”
K: “Tuh kan bagus… benerin mesin mobil”
I: “Bukaaaannn…. Kerjaan gue disana benerin MESIN JAHIT tau…. Hahahaha”
K: -________- sepam lu drus hehe. Demi apa?
I: “Beneran kan dari dasar, itu mesin jahit”

              Nah, setelah itu saya semakin yakin kalau partner saya tidak akan merakit bom karena ketidaktahuannya dalam soal listrik. Suatu saat, giliran saya mencolok itu kabel ke tegangan sumber. Ngerinyaaa bukan main, main bukan. Soalnya kenapa? Itu kabel ujungnya yang bagian jepitnya itu tuh ga ada isolatornya. Klo saya nyolokin ke situ bisa-bisa kesetrum. Akhirnya saya dan sang partner main lempar-lemparan.

I: “Colokin Yar”
K: geleng-geleng
I: “Buruan dih”
K: geleng-geleng”
I: “BURUAN…. Takut kesetrum gue”
K: “SAMA”
I: “Yaudah lu duluan lah, biar yang kesetrum ntar lu duluan. Gue masih mau idup Yar. Gue belom nikah”
K: “Ah gila lu drus, sama… gue juga belom nikah. Kan lu lebih tua dari pada gue nah mungkin lu cepet duluan yaudah sekalian aja biar cepet (maksudnya: mati)”
I: “Ah parah banget. Lu lebih muda ngalah dong sama yang tua.. biar yang muda mati duluan”
K: “Gue kan udah kalibrasi tuh, giliran elu lah. Ih lama banget sih kita masih ada 5 rangkaian lagi loh ini kaga maju-maju”
I: “Dibilang gue mau nikah dulu”
K: “Yaelaaa.. sama Gia? Tenang aja sih Gia masih disitu”
I: “Waahh gue aduin Gia nih ya”
K: “Silakan”
I: “Gue bilangin Gia beneran nih ya”
K: “Eh udah ah. Buruan colok!” (melotot)
I: “Aduh… kenapa muka gue jadi kaku gini ya?” (sambil narik-narik mukanya sampai membentuk muka yang lain) hehehehe
K: “Muka lu tua Drus bukan kaku. Hehehehe”
I: “Bismillah”              
               
Dan…
Dan…
Dan…            
              TERNYATA GA KESETRUM. Ih hebat banget partner saya yang satu ini. Kayak acara Debus.
Hahahahahahahahahahahahaha……  tapi multimeternya bunyi sirine nguing nguing gitu kenceng dan langsung kelabakan cabut semua kabel. Multimeter menunjukkan bukan angka melainkan tulisan FUSE. Hahaha koplak banget dah… aslab kaga ada yang nyantronin meja kami yaudah kami bereksperimen sendiri. Karena kelabakan belom merangkai rangkaian yang masih bejibun, akhirnya manggil Ka Ali yang udah kebelet pengen pulang jadi pikirannya galau entah kemana. And then, saya manggil Ka Ijal buat bantuin, daripada saya dan partner setres duluan bingung antara “alat yang rusak atau salah rangkaian”.

J: Awas, ati-ati Drus” (itu kabel ga ada isolator soalnya)
I: Macho bet bener dah maen colok sana sini dengan cekatan ga pake mikir (ternyata ga tau dia haha koplak)
K: “Hahahaha Idrus itu dari tadi begitu seolah-olah menyerap semua elektron. Kayak debus. Serem banget deh”
I: “Hahahaha”                 

              Udah tuh ternyata kabel yang dipake cuman 2. Ini si parter sampe 4 malahan kurang dan saya disuruh ambil kabel lagi atau meminjam kelompok lain. Arkhirnya kebaca deh itu tegangan dan arusnya. Dari tadi kek ~,~
-_______-

              Ga lama setelah itu ga kebaca lagi, manggil Ka Ali yang udah lesu tak berdaya makin tak berdaya serta ga mau ngajarin Idrus karna dianggep udah ngerti. Apaaaaaann?? Hahaha

              Dan ternyata apa? Alatnya udah kurang sehat. Masa grafik sinusoidal di osciloscop itu geraknya kenceng banget? Mata saya bakal tambah rusak liat begituan dengan terpaksa baca karena si Partner ga ngerti, bismillah deh bisa kebaca. 

              Duh saya juga bingung itu sebenernya alat yang rusak apa praktikannya yang rusak? Tegangan sumber 12 Volt malah keluarannya 3 Volt? Helaaahh…

              Yaudah deh terusin praktikumnya aja sampai rangkaian yang terakhir ga dipraktekkin karena udah sore banget teman-temin.. Jam 5 sore itu udah sepi lab nya. Saya dan partner juga udah cape banget dan laper.

              Iya lah nanti silakan pada nyobain deh kalian yaa praktikum 8 Arus Bolak-Balik. Dengan catatan, harus murni ga liat data laporan punya kakak tingkat. Kemaren itu pure banget saya dan partner praktek. Data yang kami ambil semuanya data tunggal. Mantap dah. Gimana datanya majemuk ya? Selesai saya menulis dan menyalin data itu ada percakapan lagi.

I: “Yar salin tulisan lu. Jelek banget. Yang ngerti hanya lu dan Allah”
K: “Selaaaaww”
I: “Yaudah ini data gue yang bawa ya”
K: “Terus gue gimana ngerjainnya? Yaudah berarti lu ya yang ngerjain perhitungannya?”
I: “Gampang. Ntar gue yang ngerjain deh”
K: “Sip-sip. Tumben banget lu”
I: “Gue mau belajar rapih”
K: “Oooo disuruh Gia yak? Hahaha yaudah secepatnya. Itu banyak banget aseli”
I: “Iya, insyaallah klo gue udah sehat”
K: “Gue doain biar sehat”
I: “Jangan deh ntar dosa gue ga diapusin. Klo gue sakit brarti dosa gue lagi diapusin”
K: “Apa banget sih loooo…. Mau lu apa jadinya?”
I: “Ngopi yuk Yar!”
K: “Ga pernah ngopi gue…” (nah disitu ada Delok, Vino, dan Jamil yang lagi nungguin saya pulang)

              Dan akhirnya Idrus asik makan somey dan minum kopi di depan Meni, saya pulang nebeng Delok karena udah cape banget dan ngejar waktu mau ngajar, Windy juga udah ngacir duluan ngajar, Vino balik mau ke ATM dulu, Jamil pulang sm Idrus nantinya.

Intinya, praktikum kemarin ternyata tidak ada korban.
Pesannya, klo ragu-ragu pasti nyetrum. Jadi, kayak idrus aja yakin maen colok aja.
Jadi, selamat yaaa teman-temin yang bakal ngerasain ABB. Hehehehehe

Banzaii ^_^       
 
Gomawo :D

Tidak ada komentar: