Say hello,

Rabu, 25 April 2012

Curahan


Judulnyanya udah bikin galau. Curahan? Minyak kaleee hahaha

Mungkin judul yang cocok adalah Kangen kali yak. Klo gue udah nulis beginian itu gue lagi sedih banget brarti ditambah ada yang ngejelekin atau ngomongin gue dibelakang yang ga tau apa-apa, so itu rasanya sakit banget. Intinya dari sebelum UTS semester 1 itu sampe sekarang gue belom ke makam mamah.

Ah pokoknya gua kangeeeenn sama mamah. 

Kangen saat gue sedih, yang ngusap air mata gue itu mamah. 

Kangen saat gue pulang sekolah, gue pasti cerita apapun itu.

Kangen saat gue dicuekkin klo ngomong. 

Kangen saat gue diceramahin atau mamah bawelnya minta ampun bikin orang mau tutup kuping.

Kangen saat gue nangis itu mamah pasti senyum dan ngebelai rambut gue.

Kangen saat sholat berjama’ah gue ketinggalan, nangis, terus minta sholatnya diulang.

Kangen saat mamah ngajarin gue bikin angka 3 dengan aksinya membawa pisau yang gunanya buat ngeraut pensil sekaligus nakutin gue.

Kangen saat gue sakit keras, mamah nangis dan minta maap sama gue dan berjanji untuk ga ngomelin gue lagi. Sepik nih.

Kangen saat gue disuruh ngalah sama adik-adik gue.

Kangen saat kami pergi ke pasar naik sepeda, mamah selalu ngomel karena gue suka nyerempet ban belakang mamah yang bikin mamah nyaris jatoh mulu.

Kangen saat gue dikhawatirin pulang sekolah itu magrib dan pasti bertengger di depan rumah, tapi setelah gue udah nyampe rumah beliau hanya melengos masuk rumah *jleb.

Kangen saat makan masakan mamah yang luar biasa enaknya padahal cuman pake garam doang bumbu rahasianya.

Kangen saat mamah nanya setiap hari “Ntar siang mau dimasakin apa, Yar?”

Kangen saat bangun tengah malem kebelet pipis ngeliat cahaya terang ditengah kegelapan di pojok kamar itu mamah lagi sholat Tahajud.

Kangen saat berantem mulu kerjaannya sama mamah.

Kangen saat mendengar omelan mamah itu bahasa planetnya keluar semua dengan logat sundanya bikin orang jadi ga takut tapi ketawa.

Kangen saat melihat mamah khawatir dan repot klo papah mau pulang ke Jakarta.

Kangen saat gue cerita tentang kabar gembira muka mamah mukanya tanpa ekspresi dan tanpa komentar (yang penting denger).

Kangen saat ada yang jahat ataupun nusuk ataupun ngomongin gue dari belakang, itu mamah pasti tau (hebat loh kayak indigo) dan mamah cuman nasehatin untuk biar tetap pada diri gue yang apa adanya ga suuzon ataupun dendam sama orang itu.

Kangen saat gue punya masalah dan lagi badmood pasti mamah tau tanpa gue cerita (hebat).

Kangen saat mamah bawain makanan gue ke kamar gue dan gue pasti lagi sibuk belajar, mamah ngingetin gue sholat.

Kangen saat belanja bareng di mall pasti gue maksa untuk ikut karena mamah itu paling ga suka pergi sama gue yang rewel bawel.

Kangen saat gue dicubit klo susah dibilangin.

Kangen saat belahan rok gue robek dan mamah yang jahit itu meskipun masih pagi banget.

Kangen saat gue ulang tahun yang ngucapin pertama kali itu mamah dan bikin nasi kuning buat para tetangga.

Kangen saat gue ulang tahun yang ngasih kado buatan sendiri yaitu baju dan piyama jahitan mamah.

Kangen saat gue sakit pasti tidur di kamar mamah dan dipeluknya, mujkizat esokkannya sembuh.

Kangen saat setiap gue lagi lomba itu mamah ga pernah tau dan tiba-tiba telpon gue nyuruh gue pulang. Apa bangeeeett…

Kangen saat gue diisengin sama temen-temen gue itu mamah ga rela pasti marah dan ngadu ke papah terus dilaporin ke wali kelas gue.

Kangen saat gue sakit dalam tahap penyembuhan itu mamah selalu nganterin dan nungguin gue sekolah takut gue pingsan ga liat tempat katanya.

Kangen saat gue bangun jam 3 pagi ngeliat mamah udah bangun duluan dan jam 4 itu rumah gue udah rapih, bersih, wangi, dan sarapan juga udah siap jam 5 pagi. Mamah juga udah mandi, udah cantik.

Kangen saat gue berangkat sekolah gue mencium tangannya berulang kali bisa 6 kali dan mamah bilang “Allah selalu memberkati dan memberkahi kamu, Kiar jadi cukup satu kali aja cium tangannya”.

Kangen saat gue ngelakuin perbuatan salah yang bikin sakit hati mamah dan bikin mamah sedih itu mamah di kursinya dan gue sujud mencium kedua kakinya.

Kangen saat gue pulang ke rumah makanan udah jadi dan mamah lagi santai setelah pekerjaannya selesai.

Kangen saat gue pergi malem mamah itu ga pernah nyariin *nyesek tapi papah yang telpooooooonnn mulu.

Kangen saat temen-temen gue punya pacar dan gue sibuk persiapan olimpiade serta beasiswa itu mamah nanyain “Kamu ga normal ya, Yar?”

Kangen saat gue diledekin mamah “Kiar mah mulutnya kecil, badannya kecil, tapi klo makan Laillahailallah.. banyak banget bikin orang yang ngeliat jadi napsu makan”.

Kangen saat gue minta apapun pasti ada dan dikasih sama mamah. Papah juga.

Kangen saat gue puasa full seharian dapet duit 2000 dari mamah.

Kangen saat gue takut ngomong buat minta ijin apapun itu karena mamah itu jutek, judes, galak banget aseli.

Kangen saat gue dibeliin baju-baju bagus model cewe sama mamah tapi ga gue pake lantaran gue ga suka. Sekarang, setelah beliau ga ada, semua pemberiannya baru gue pake saat kuliah. (hal bodoh gue) 

Kangen saat papah dinas di luar kota, mamah gantian suka curhat sambil kepangin rambut gue.

Kangen saat melihat mamah dandan klo mau pergi itu luar biasa cantiknya, rapihnya, wanginya.
Kangen saat gue bilang “Senyum dikit kek” pasalnya mamah ga pernah senyum tapi jutek dan galak banget bikin orang lari dari planet ini dan keluar lewat atmosfer.

Kangen saat rebutan duduk di depan samping papah klo pergi weekend dan adek-adek gue memang seneng di belakang bisa tidur.

Kangen saat mudik terus macet dan berjam-jam di dalem mobil, mamah khawatir klo gue kumat di jalan.

Kangen saat mamah nganterin gue berobat.

Kangen saat mamah jitak kepala gue klo gue ceroboh sedikit dan bilang “Klo mamah yang jitak, kamu makin pinter lah, Yar”.

Kangen saat mamah bertidak polos, lugu, ga tau apa-apa itu enak banget buat sasaran dikerjain.

Kangen saat mamah bangunin gue tengah malem buat Tahajud.

Kangen saat bangunin gue buat sahur dan mamah menyiapkan segalanya buat gue.

Kangen saat gue berantem cekcok adu mulut sama mamah karena sama sama batu klo dibilangin pasti bibir gue diselepet atau ga disentil sama mamah. *nyeri

Kangen saat gue dibangunin buat berangkat sekolah itu mamah cuman nyalain lampu kamar dan teriak “Kiar, ayam tetangga udah berangkat duluan!” atau “Kiar, mau kalah sama orang Jepang?! Buruan cuci muka ga pake tidur di kamar mandi!”.

Kangen saat mamah ngambil rapot gue dengan santai ga kayak ibu-ibu lain pada dandan.

Kangen saat mandiin mamah sendirian itu beratnya luar biasa alhasil gue turun 6 kilo.

Kangen saat nyuapin mamah tapi gue cicipin dulu sampe abis hehe.

Kangen saat gue gantiin pampers pas mamah pup atau ngompol tengah malem itu luar biasa ngantuknya ga pernah tidur. 

Kangen saat bersihin sela-sela jari kakinya, keramasin rambutnya, jemur di bawah matahari, pangku di mobil pas berangkat berobat.

Kangen saat menginfus dan masukin selang dari idungnya buat makan.

Kangen saat tengah malem keabisan infus atau oksigen itu semuanya pada bangun.
Kangen saat ngajiin di telinganya dalam keadaan koma.

Kangen saat malem itu melek nungguin mamah dan paginya tidur saat mamah tidur juga.

Kangen saat mamah nangis bilang cuman maunya diurus sama gue doang bukan kakak2nya yang jauh lebih jutek, judes, dan galak darinya.

Kangen saat jalan-jalan pake kursi roda.

Kangen saat mamah rela jalan diseret-seret cuman buat ke rumah anak yatim buat menyantuninya (salut) yang bilangnya mau silaturahim.

Kangen saat pergokin mamah keluar rumah cuman buat nengokin tetangga yang sakit juga padahal sendirinya jauh lebih parah.

Kangen saat gue nyari obat muter kemanapun ga ada.

Kangen saat anak kecil selalu pada main sama mamah dan mamah seneng banget sama anak kecil. Saat beliau sakit cuman terbaring, anak kecil itu tetep main disamping mamah dan selalu bilang “Bude, sakit apa? Cepet sembuh ya.. Ocha, Anin, Cha-Cha doain bude” (sambil ngangkat kedua tangannya :’)

Kangen saat mamah tidur minta boneka lumba-lumba gue.

Kangen saat mamah bikin masakan buat catering itu pasti gue jadi patokan menyicipkan masakan kurang apa aja. 

Kangen saat yang lain sibuk dengan urusannya masing-masing, gue sibuk punya bayi baru (mamah) dan meninggalkan semua dunia tentang gue mulai dari kuliah sampai urusan kecil di diri gue.

Kangen saat mamah selesai gue mandiin itu tidur, dan saat itulah waktu yang pas buat gue belajar dengan hikmad buat SNMPTN lagi.

Kangen saat mamah bilang gue berbeda banget setiap hari makin cantik #eeaaaa
Kangen saat mamah ngasih wejangan-wejangan dan titip pesan ke gue.

Dan gue kangen banget banget banget saat mamah bilang pertama kali “Mamah bangga banget punya anaknya Kiar sampe direbutin ibu-ibu yang lain”.

Gue kangen banget saat ini sama mamah untuk hadir di samping gue detik ini buat ngapus air mata gue saat ini :’)

GUE KANGEN BANGET SAMA MAMAH… AAAAAAAAAAA

Mamah gue yang cantik lugu, polos, rajin, galak, jutek, judes, jago masak, jago bikin baju, jago ngerayu papah, dll.

Kita punya rencana yang indah dalam menjalani hidup ini tetapi rencana Tuhan lah yang lebih indah. Udah dong yaa mamah udah sehat dan senang di surganya Allah. Semoga gue dan adik-adik gue bisa jadi anak yang soleh biar kami bisa selalu mengantarkannya lewat doa-doa yang kami selalu panjatkan. 

Amin         
             
Rasa kangen itu mungkin akan terobati klo gue udah ke makamnya. So, hari ini gue ke makam. Terlalu banyak kenangan gue sama mamah karena gue baru tau setelah beliau meninggal, beliau itu sangat menginginkan gue Kiar anak pertamanya perempuan yang bisa mengurusinya saat tua, begitu katanya. Penyesalan datengnya terakhir yaaa tapi gue puas sepuas-puasnya dikasih kesempatan buat ngerawatnya di masa terakhirnya meskipun gue tinggalin beasiswa 100 juta gue, meskipun gue berantem sama keluarga beliau, meskipun gue menunda satu tahun, meskipun papah ga habis pikir klo anaknya berani mengambil pilihan hidupnya sendiri yang ‘out of the box’ itu, meskipun gue pindah temat kuliah terus ngabisin duit papah, meskipun gue harus tidur di luar karena aturan rumah sakit, meskipun gue kehilangan semuanya, meskipun gue rela menukar nyawa gue buat mamah, meskipun apapun itu. Hidup itu pilihan. Dan pilihan gue itu benar. Ga ada yang salah. Tolong, yakinkan klo gue itu ga salah dan ga ada yang perlu disesali.

Yak Plooonngg…. Alhamdulillah

Nikmat Tuhan itu ^_^

Miyanhe teman-temin, Gomawo ^_~

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Subhanallah... Selamat Kiar, kamu sudah dapat ridho ibumu. insyaAllah balasannya surga... saya jadi iri dan terharu membacanya

semoga Allah meridhoi kamu sekeluarga, dilapangkan rezeki agar kalian dapat berbagi kasih sayang Allah...

aamiin

Gia Ghaliyah mengatakan...

sangat sangat sangat sangat speechless.

Kiar Vansa Febrianti mengatakan...

Anonim: Iya amin allahumma aamiin.. Makasih do'anya ya. Duh anonim, siapa? Semoga dibalas kebaikannya oleh Allah ya.. ^_~

Gia: Speechless kenapa gia?? --a